RPP FIQIH KELAS 8 MTs
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Madrasah : MTs Matholi’ul
Falah Jali
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VIII / Genap
Alokasi Waktu : 2 x 40
Menit ( 1 Kali Pertemuan )
A. Standar
Kompetensi
1. Memahami ketentuan pengeluaran harta di luar zakat
B. Kompetensi
Dasar
1. Menjelaskan
ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Kognitif
a.
Menjelaskan pengertian shadaqah,
hibah, dan hadiah
b.
Menjelaskan dalil tentang shadaqah,
hibah, dan hadiah
c.
Menyebutkan
rukun shadaqah, hibah, dan hadiah
d.
Menjelaskan perbedaan shadaqah, hibah,
dan
hadiah
e.
Menjelaskan manfaat orang yang bershadaqah,
hibah, dan hadiah
2. Afektif
a. Karakter :
Religius, peduli sosial, rasa ingin tahu, kritis dan logis, jujur, bertanggung
jawab, serta berperilaku santun.
b. Keterampilan sosial
: Bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan
menanggapi pendapat orang lain.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
a.
Siswa dapat menjelaskan pengertian shadaqah,
hibah, dan hadiah
b.
Siswa dapat menjelaskan dalil tentang shadaqah,
hibah, dan hadiah
c.
Siswa dapat menyebutkan rukun shadaqah, hibah, dan
hadiah
d.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan shadaqah,
hibah, dan hadiah
e.
Siswa dapat menjelaskan manfaat orang
yang bershadaqah, hibah, dan hadiah
2. Afektif
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran dan
menunjukkan karakter Religius, peduli
sosial, rasa ingin tahu, kritis dan logis, jujur, serta berperilaku santun
sesuai LP : Pengamatan Perilaku Berkarakter.
b.
Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan
aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi
pendapat orang lain dalam diskusi sesuai
LP : Keterampilan sosial.
E. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian shadaqah, hibah,
dan hadiah
2.
Dalil tentang shadaqah, hibah,
dan
hadiah
3.
Rukun shadaqah, hibah,
dan
hadiah
4.
Perbedaan shadaqah, hibah,
dan
hadiah
5.
Manfaat orang yang bershadaqah, hibah,
dan
hadiah
F. Model dan Metode
Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Student
Centre Learning (SCL)
2. Metode Pembelajaran :
a.
Cooperatif Learning Tipe Jigsaw
b.
Brainstroming
c.
Diskusi
d.
Resitasi
e.
Ceramah
f.
Tanya Jawab
g.
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal :
Salam
Pembuka :
Salam hangat dan apa kabar.
Membaca al-fatihah, surat pendek
dan berdoa.
Guru mengamati kebersihan dan
ketertiban kelas serta melakukan pengecekan kehadiran peserta didik, tentang
kegiatan piket dan kebersihan kelas.
Menjelaskan kompetensi yang akan
dibahas.
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi shadaqah, hibah,
dan hadiah
Motivasi :
Memberikan informasi tentang tujuan
dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah, serta tatacaranya.
|
Religius, disiplin, dan
antusias.
Peduli lingkungan dan
tanggungjawab
Hormat kepada guru, ingin tahu,
berfikir kritis, dan kreatif
Kreatif, dan
antusias
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Eksplorasi :
Siswa di bagi menjadi 6 kelompok, dan
tiap kelompok terdiri dari 5 anggota / tim.
Tiap anggota dalam kelompok di beri
bagian materi yang berbeda yaitu tentang Pengertian, dalil, rukun, perbedaan,
dan manfa’at orang yang bershadaqah, hibah, dan
hadiah
Tiap orang dalam kelompok di beri
bagian materi yang di tugaskan.
Anggota dari tim yang berbeda yang
telah mempelajari bagian / sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru
(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
Elaborasi dan
Konfirmasi :
Setelah selesai diskusi sebagai tim
ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman
satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai, dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
Tiap kelompok atau tim ahli
mempresentasikan hasil diskusi.
|
Bersahabat, komunikati, mandiri, dan percaya diri.
Tanggung jawab, kera sama, saling menghargai,
bersahabat, komunikatif, kritis, dan kera keras.
Berani, percaya diri, peduli, tanggung jawab, rasa
ingin tahu, dan ta’at aturan.
|
60 Menit
|
3
|
Guru menyimpulkan kembali tentang
inti pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam
kehidupan sehari-hari.
Evaluasi : Tanya jawab secara lisan dan tes
tulis.
Refleksi : Bertanya tentang kekurangan
pembelajaran hari ini.
Tindak
lanjut (penugasan) guru memberikan pekerjaan rumah.
Do'a kafaratul majlis.
Salam (Ma'as salamah)
|
Religius.
Percaya diri.
Jujur, rasa ingin tahu dan peduli.
Gemar membaca.
Taat aturan
dan religius.
|
10 Menit
|
H.
Sumber Belajar
1.
Al Qur’an terjemahan dan Hadits
2.
Buku Penerapan Fiqih 3 untuk kelas
VIII Madrasah Tsanawiyah, karya T. Ibrahim dan H. Darsono Terbitan
Tiga serangkai
3.
Alat : LCD, Slide
materi
4.
Bahan : LKS, Bahan
Presentasi
I. Penilaian
1. Tes
2. Non Tes (Terlampir)
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Menjelaskan pengertian
shadaqah, hibah, dan hadiah
Menjelaskan dalil tentang shadaqah, hibah,
dan hadiah
Menyebutkan rukun shadaqah, hibah,
dan hadiah
Menjelaskan perbedaan shadaqah, hibah, dan
hadiah
Menjelaskan manfaat orang yang bershadaqah, hibah,
dan hadiah
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian
shadaqah, hibah, dan hadiah ?
Jelaskan dalil tentang shadaqah, hibah, dan
hadiah ?
Sebutkan rukun shadaqah, hibah,
dan hadiah ?
Jelaskan perbedaan shadaqah, hibah, dan
hadiah ?
Jelaskan manfaat orang yang bershadaqah, hibah,
dan hadiah ?
|
Jali, 08 Mei 2017
|
||
Mengetahui,
Kepala Madrasah
|
Guru Mata Pelajaran Fiqih
|
|
H. Salami, M. Pd. I
|
Nurus Salam, S. Pd
|
Casino games - JTM Hub
BalasHapusThe casino games at JTM Hub. The 울산광역 출장마사지 best games you can play online for free in the 군포 출장마사지 UK, 포천 출장안마 Europe, & Asia. Get your free 남원 출장안마 casino spins now! 여수 출장마사지